Share/Bookmark

Wajah Cantik dengan Masker Alami

No comment yet
Buah – buahan ternyata tidak hanya bisa Anda manfaatkan untuk dikonsumsi saja atau dijadikan jus. Ternyata salah satu hasil ciptaan dari pemberian Tuhan ini juga memiliki manfaat lain, yaitu bisa Anda gunakan sebagai masker wajah.
Salah satu cara untuk mengembalikan kecantikan dan kesegaran dari wajah Anda adalah dengan cara mengencangkannya kembali seperti saat masih bayi dengan menggunakan masker wajah. Masker buah ini, selain sederhana dan mudah, juga tidak ada efek samping yang membuat Anda khawatir.
Penggunaan masker pada wajah ini akan sangat bermanfaat. Selain dapat mengencangkan dan mengembalikan kesegaran di wajah Anda, masker buah tersebut juga dapat membuka pori – pori yang tersumbat karena kotoran yang berasal dari sisa tata rias Anda ataupun dari debu dan lemak di bawah jaringan kulit wajah. Masker buah juga dapat mengembalikan kelembapan dan kehalusan kulit serta juga dapat mengembalikan kekenyalan kulit wajah Anda. Memberikan masker pada wajah Anda, sama dengan memberikan nuansa relaksasi otot – otot wajah Anda. Sebaiknya, Anda gunakan masker wajah paling tidak 1 -2 kali seminggu dan diamkan selama 15 – 45 menit. Maka, kulit akan tampak lebih kencang dan cerah.
Anda juga bisa menggunakan berbagai resep masker alami dengan muda, dari berbagai jenis buah – buahan dan Anda juga mengombinasikan buah – buahan tersebut dengan bahan lain, seperti madu alami atau dengan putih telur.
Cara membuatnya pun tidak sulit, bahkan tergolong sangat mudah . anda hanya tinggal memiliki buah yang memiliki kandunga yang cocok dengan yang Anda butuhkan untuk kulit wajah Anda.
Ban yak sekali buah – buahan yang dapat digunakan untuk membuat masker wajah alami tersebut. Buah – buah tersebut memiliki banyak kandungan yang berbeda – beda pula. Anda pun bisa melihat dan mengaplikasikan beberapa contoh masker wajah berikut. CHECK IT OUT Guys!!!
1.    Stroberi
Buah yang berwarna merah dan rasa yang sedikit asam ini memiliki banyak mengandung asam salisilat (salah satu jenis asam beta-hidroksi) yang dapat membantu dalam mengencangkan kulit wajah. Kandungan lain yang terdapat pada buah stroberi adalah silika, serta vitamin B, C, E, dan K. Dengan kemampuannya menyehatkan tubuh tersebut dan meremajakan kulit, masker ini sangat cocok digunakan untuk hampir semua jenis kulit. Masker ini dapat digunakan dua kali seminggu.
Cara Membuat :
ü Hancurkan beberapa buah stroberi yang telah dipisahkan dari tangkai dan daunnya.
ü Usapkan 2 sdm stroberi yang sudah dihancurkan tadi pada wajah dan biarkan selama 15 menit.
ü Setelah itu, bilas dengan air steril atau air hangat biasa
ü Untuk mendapatkan efek toning yang lebih kuat, tambahkan sedikit putih telur, kocok, 1 sdm air mawar dan beberapa tetes minyak esensial yang aman dengan kulit wajah Anda.
2.   Alpukat
Buah Alpukat memiliki kandungan asam amin dan vitamin yang tinggi sehingga cocok digunakan sebagai masker pencegah penuaan dini pada kulit wajah terutama kulit kering.
Cara Membuat :
·       Kulit Kering
ü Tumbuk daging Alpukat matang dengan garpu
ü Oleskan pada wajah dan biarkan selama 30 menit
ü Bilas dengan air hangat atau air mawar menggunakan kapas.
·       Kulit Normal
ü Tambahkan putih telur yang dikocok sebentar
ü Sedangkan untuk kulit lembab, perlu ditambahkan pula madu (organik bila ada), kemudian aduk rata dengan daging Alpukat tersebut hancur dan campurkan dengan putih telur yang sudah dikocok.
3.    Almond
Buah Almond  memiliki khasiat menghaluskan kulit yang kasar karena banyak mengandung mineral, vitamin A dan B, serta asam oleat. Almond dapat dibuat menjadi masker ataupun lotion. Masker ini dapat digunakan 1 kali dalam seminggu.
Cara  Membuat :
ü Hancurkan sekitar 50 gram almond, kupas dengan mortar atau food processor.
ü Kocok 3 sdm susu full-fat sampai membentuk pasta halus (tidak perlu terlalu lama).
ü Bila perlu, tambahkan pula 1 atau 2 tetes rose otto essensial oil.
ü Oleskan pada wajah dan biarkan sampai kering.
ü Kemudian, bersihkan dengan kapas dan air hangat.
4.    Tomat
Buah yang berbentuk bulat dan memiliki kulit tipis ini ternyata memiliki kandungan protein, fosfor, besi, belerang, vitamin A, B1, dan C yang tinggi.
·       Untuk menghaluskan wajah
ü Ambil tomat yang sudah matang, lalu iris dan gosokkan pada wajah.
ü Atau, bisa juga buah tomat diperas, kemudian air perasannya dioleskan setiap hari ke wajah.
·       Sebagai pelindung dari sengatan matahari
ü Ambil daun tomat secukupnya.
ü Remas – remas dengan sedikit air.
ü Kemudian tempelkan pada wajah sebagai penyejuk wajah.
5.    Lemon
Buah yang memiliki kulit tebal dan berwarna kuning cantik ini banyak mengandung vitamin A, C, B1, B2, dan B3. Lemon sangat baik untuk kulit berminyak, namun lotion-nya juga bekerja efektif pada kulit normal. Masker Lemon dapat digunakan setiap hari.
Cara Membuat :
(untuk satu minggu pemakaian)
ü Tambahkan 1 sendok teh jus lemon pada putih telur kocok.
ü Oleskan pada wajah dan biarkan 10 menit.
ü Setelah itu bersihkan dengan air mawar atau air hangat.
6.    Anggur
Buah nan mungil ini kaya akan trace mineral, kalsium, magnesium, potassium, vitamin B1, B2, B3, B5, B6, C, dan senyawa-senyawa flavonoid. Hampir semua jenis anggur yang warnanya berbeda, dapat digunakan untuk lotion. Kalau mau dibuat jus, harus disaring terlebih dulu. Masker Anggur bisa digunakan setiap hari akrena baik digunakan untuk hampir semua jenis kulit.
Cara Membuat :
ü Hancurkan beberapa Anggur yang cukup untuk menghasilkan 2 sdm jus.
ü Saring jus tersebut.
ü Oleskan pada wajah dengan menggunakan kapas.
ü Setelah 20 menit, bilas dengan air mawar.
7.   Pisang
Buah ini mengandung serotinim, pektin, tanin, noradrenalin, 5 hidroksi tritamin, dopamin, dan berbagai vitamin, seperti vitamin A, B kompleks, dan C. Masker ini digunakan sebagai pelembab wajah.
Cara Membuat :
ü Ambil pisang ambon yang sudah masak, lalu hancurkan.
ü Tambahkan minyak zaitun.
ü Gunakan dan ulangi secara teratur ramuan tersebut sebagai bedak.

Daftar Pustaka

Smart, Aqila. 2010. Perawatan Modern Untuk Kecantikan Wanita. Yogyakarta : Katahati.

Posting Komentar

HOME | ABOUT

Copyright © 2011 The Journey of Venus's 'Uruba | Powered by BLOGGER | Template by 54BLOGGER